Markisa Ternyata Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

"Dilihat dari kandungan gizinya, markisa merupakan sumber serat alami yang baik"
Markisa (internet)

KLIKPOSITIF -- Mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Begitu juga saat kamu mengonsumsi buah tropis seperti markisa. Buah markisa sendiri terdiri dari dua jenis yaitu passiflora edulis yang berbentuk bulat atau oval kecil dengan kulit berwarna ungu serta passiflora flavicarpa yang berukuran lebih besar dan berbentuk oval kuning.

Keduanya dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Dilihat dari kandungan gizinya, markisa merupakan sumber serat alami yang baik. Dalam satu buah markisa seberat 18 gram saja, ada kandungan serat larut sekitar 2 gram di dalamnya. Serat diketahui bermanfaat untuk menjaga usus.

Tidak hanya itu, markisa juga kaya akan sumber vitamin A dan C, karoten serta cryptoxanthin untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah markisa kaya akan polifenol yang kandungannya lebih tinggi daripada buah-buah tropis lain seperti mangga atau pisang.

Memiliki kandungan serta yang banyak serta rendah indeks glikemik membuat markisa baik bagi pasien dengan diabetes. Markisa juga membantu dalam pencegahan kanker karena memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah markisa seperti kalsium, zat besi, fosfor dan magnesium, merupakan cara yang bagus untuk mempertahankan kepadatan tulang. Buah markisa juga memiliki campuran bioflavonoid yang memiliki efek positif pada sistem pernapasan serta sumber kaya vitamin A yang membantu meningkatkan tekstur kulit. (*)