Pernah Mencoba Forest Bathing? Ini Manfaatnya

"Forest bathing pertama kali dimulai di Jepang dengan nama shinrin-yoku"
ilustrasi forest bathing (internet)

KLIKPOSITIF -- Pernah mendengar istilah forest bathing atau mandi hutan? Sebuah cara menghilangkan penat, letih dan stres dengan berjalan menyusuri hutan secara perlahan serta menghirup udara bersih dan segar di tengah-tengah kesunyian hutan.

Forest bathing pertama kali dimulai di Jepang dengan nama shinrin-yoku yang hingga kini masih terus menjadi bentuk pengobatan pencegahan dan pengobatan alami karena manfaatnya yang begitu banyak, mulai untuk kesehatan mental, fisik dan emosional.

Kegiatan ini punya efek yang sama seperti relaksasi yang bisa mengurangi stres. Nah, ingin tahu apa saja manfaat kesehatan dari forest bathing?

Berikut daftarnya seperti yang dilansir Boldsky:
1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
Salah satu manfaat dari forest bathing adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat secara signifikan meningkatkan aktivitas sel darah putih yang dapat membantu melawan sel-sel virus dan tumor.

2. Meningkatkan kesehatan sistem saraf
Efek positif lain dari forest bathing adalah pada kesehatan sistem saraf. Jika kesehatan sistem saraf Anda baik, detak jantung dan tekanan darah Anda menjadi stabil. Nah, forest bathing melakukan hal itu dengan menyeimbangkan sistem saraf Anda.

3. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat terkendali melalui forest bathing. Para peneliti menunjukkan bahwa lingkungan hutan menurunkan hormon stres seperti noadrenalin dan adrenalin serta memberikan efek relaksasi secara keseluruhan. Berjalan di lingkungan hutan juga dapat memiliki efek positif pada masalah kardiovaskular.

4. Meningkatkan kesehatan mental
Alam dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dengan menurunkan kelelahan kognitif, stres, depresi dan kecemasan. Jadi, jika sedang merasa stres dan terganggu ... Baca halaman selanjutnya