Benarkah Suplemen Minyak Ikan Bermanfaat untuk Jantung? Peneliti Malah Buktikan Hal Ini

"Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari Cochrane yang menguji kandungan minyak ikan pada lebih dari 100.000 orang."
Ilustrasi (Shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Suplemen minyak ikan omega-3 diklaim mampu melindungi kesehatan jantung, tetapi para ahli justru membuktikan hal sebaliknya, yaitu minyak ikan tidak bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari Cochrane yang menguji kandungan minyak ikan pada lebih dari 100.000 orang.

"Kami percaya ulasan ini bertentangan dengan keyakinan populer bahwa omega-3 merupakan suplemen yang dapat melindungi jantung. Tinjauan sistematis ini mencakup informasi dari ribuan orang dalam jangka waktu lama. Terlepas dari semua informasi yang ada, kami tidak melihat adanya efek perlindungan (dari minyak ikan)," kata penulis utama Cochrane, Dr Lee Hooper dari University of East Anglia yang dilansir Suara.com jaringan Klikpositif.com dari BBC.

Kata Hooper, peluang mendapatkan manfaat dari mengonsumsi minyak ikan omega-3 hanya satu berbanding 1.000.

"Studi ini memberikan bukti bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 seperti minyak ikan, EPA, atau DHA, tidak memiliki manfaat bagi kesehatan jantung atau mengurangi risiko stroke," tambahnya.

Bahkan kata peneliti, beberapa ikan mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya jika dimakan dalam jumlah besar, misalnya Hiu, marlin dan ikan todak, terbukti mengandung sedikit merkuri dan harus dihindari oleh perempuan hamil atau perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, serta anak di bawah usia 16 tahun.

Meski nihil manfaat bagi kesehatan jantung, peneliti mengatakan minyak ikan masih direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat dan baik bagi fungsi kesehatan secara umum.

"Omega-3 penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan mata, fungsi kekebalan dan otak, sehingga tidak semua tentang jantung," kata Dr Carrie Ruxton dari Health and Food Supplements Information Service mengenai suplemen minyak ikan yang selama ini dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung. (*)