Durasi Tidur Tidak Cukup, Ini Bahayanya

"gangguan tidur mungkin menjadi perusak metabolisme tulang pada saat hidup masih muda"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Terganggunya kualitas tidur serta jam biologis tubuh ternyata bisa memicu tulang keropos pada pria muda. Para peneliti mengatakan ini bisa menyerang mereka yang sering berganti-ganti atau sering bepergian yang menyebabkan jet lag hingga jam tidur bermasalah. 

Temuan ini menunjukkan bahwa pria muda dengan tidur yang terbatas dan gangguan sirkadian memiliki penurunan P1NP (sebuah tanda dari pembentukan tulang dalam darah) 27 persen lebih besar dibandingkan dengan pria yang lebih tua yang hanya 18 persen.

Gangguan sirkadian didefinisikan sebagai "ketidaksesuaian antara jam biologis tubuh dan lingkungan yang disebabkan oleh hidup pada hari yang lebih pendek atau lebih lama dari 24 jam."

Sedangkan para peneliti juga mengatakan, tingkat resorpsi tulang penanda CTX tetap tidak berubah, yang menjadi sebuah indikasi bahwa tulang yang lama bisa hancur tanpa adanya pembentukan tulang baru.

Christine Swanson, kepala peneliti dan asisten professor dari Universitas Colorado, di Aurora, berkata “ perubahan keseimbangan tulang ini akan menyebabkan potensi tulang keropos yang nantinya akan berakibat juga pada osteoporosis, yaitu suatu kondisi di mana tulang menjadi patah dan lemah serta menyebabkan retakan.”

Data menunjukkan bahwa gangguan tidur mungkin menjadi perusak metabolisme tulang pada saat hidup masih muda, yang mana ketika pertumbuhan tulang dan akrual sangat penting untuk kesehatan tulang jangka panjang.

Selama penelitian, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-99 Endocrine Society di Orlando, tim telah mengevaluasi konsekuensi kesehatan dari keterbatasan tidur yang dikombinasikan dengan gangguan sirkadian.

Peserta yang diuji di laboratorium, selama tiga minggu mereka tidur setiap hari empat jam lebih lama dari hari sebelumnya, jadi total 28 jam per “hari".

Pria hanya dibolehkan tidur 5,6 jam selama 24 jam yang mana hampir sama dengan ... Baca halaman selanjutnya