Meneguk Air Selesai Makan Tak Baik bagi Kesehatan, Ini Alasannya

"meneguk air ternyata harus dihindari tak hanya setelah makan tapi juga sebelum makan"
ilustrasi minum air putih (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Air putih merupakan hal pertama yang kita cari setelah selesai makan. Bahkan, ada beberapa orang yang melanjutkan beberapa suap makanan dengan meneguk air. Namun secara medis, meneguk air setelah selesai makan tak baik bagi kesehatan.

Seperti dilansir Boldsky, meneguk air ternyata harus dihindari tak hanya setelah makan tapi juga sebelum makan. Menurut sebuah penelitian, seseorang harus menunggu setidaknya setengah jam setelah makan untuk meminum air. Alasannya, tubuh butuh waktu sekitar dua jam untuk mencerna makanan.

Ada proporsi cairan-padat tertentu yang perlu dipertahankan saat tubuh kita mencerna makanan. Keseimbangan ini akan terganggu jika kita mengonsumsi air secara langsung setelah makan. Hal ini akan membuat kita lebih cepat lapar daripada biasanya.

Itu sebabnya konsumsi air sebaiknya dilakukan 30 menit setelah makan tidak merusak proses pencernaan. Selain itu, minum air setelah makan juga dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam makanan. Air yang juga pendingin alami, bisa berefek negatif bagi makanan yang masuk sehingga memicu obesitas.

"Air menghambat proses pencernaan yang menyisakan banyak makanan yang tidak dicerna dalam sistem. Glukosa dari makanan yang tidak dicerna dapat diubah menjadi lemak, sehingga memicu obesitas," bunyi penelitian tersebut.

Terlepas dari obesitas dan diabetes, menelan air langsung setelah makanan juga dapat meningkatkan kadar asam urat, LDL kolesterol, VLDL dan trigliserida. Makanan yang tidak dicerna karena mengonsumsi air langsung setelah makan, menyebabkan peningkatan kadar trigliserida.

"Kadar trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan risiko jantung dan tingkat yang sangat tinggi bahkan dapat menghentikan suplai darah ke otak atau jantung sepenuhnya," tandasnya. (*)

sumber: suara.com