Ketergantungan Pada Teknologi Pengaruhi Fungsi Otak

"ketergantungan pada teknologi beresiko mengalami demensia"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Era teknologi membuat manusia tidak terlepas dari akses informasi cepat. Banyak wawasan dan pengetahuan baru bisa diakses hanya lewat mesin pencari di perangkat ponsel. 

Mesin pencarian nomor satu saat ini adalah Google. Sebuah temuan menyebutkan ketergantungan orang-orang menggunakan mesin pencarian Google membuat otak berisiko mengalami demensia.

Peneliti demensia terkemuka Profesor Frank Gunn-Moore menggambarkan ketergantungan kita pada internet sebagai "eksperimen" yang sedang kita lakukan pada diri kita sendiri karena implikasi jangka panjang belum diketahui.

Ahli biologi dari University of St Andrews di Skotlandia itu, mengatakan: "Penting untuk menciptakan kesehatan otak yang baik dan caranya adalah dengan menggunakannya, namun belakangan ini tampaknya kita mengalihkan otak kita ke internet.

"Jika kita ingin tahu sesuatu, kita mencarinya secara online daripada mencoba mengingat informasi itu dari ingatan kita.

Menurutnya, ini adalah percobaan yang dilakukan umat manusia dan kita harus menunggu dan melihat apakah kebiasaan ini mempengaruhi prevalensi demensia.