Ini Kabar Baik Bagi yang Senang Berendam Air Hangat

"berendam air hangat memberikan sensasi rileks pada tubuh"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Berendam air hangat setelah melakukan aktivitas tentu bisa memberikan kesegaran bagi tubuh. Kegiatan ini bisa memberikan sensasi rileks pada tubuh dan juga membawa tubuh kembali fit.

Ternyata dampak positif berendam air hangat tidak hanya sampai di situ saja. Dilansir dari Zeenews.sebuah studi sederhana yang dilakukan di Inggris memperlihatkan berendam air panas juga berpengaruh langsung pada pembakaran kaloeri.

Penelitian yang dilakukan para ahli dari Loughborough University menunjukkan berendam air hangat bisa membakar kalori sama dengan kegiatan berjalan cepat selama 30 menit.

Penelitian ini dilakukan kepada 14 lelaki sebagai responden. Para responden ini diminta melakukan olahraga bersepeda selama satu jam dan berendam dalam bak mandi yang berisi air dengan suhu 40 derajat celcius.

Peneliti menemukan, selain kalori yang terbakar karena bersepeda, para responden ini juga mengalami pembakaran kalori lain akibat berendam dalam air panas dengan suhu 40 derajat celcius, yang jumlahnya setara dengan 30 menit berjalan kaki. Tim peneliti percaya bahwa kenaikan suhu inti akan menyebabkan kalori terbakar.