Ini Manfaat Kesehatan Jika Rutin Berjalan

"berjalan dapat mengurangi gejala kerusakan kognitif pada otak"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Berolahraga tidak harus selalu pergi ke pusat kebugaran. Berjalan kaki saja bisa berdampak besar bagi kesehatan. Dengan membiasakan berjalan kaki selama 3 jam per minggu dapat akan memberi efek positif pada otak.

Menurut sebuah penelitian berjalan kaki dengan rutin berjalan dapat mengurangi gejala kerusakan kognitif ringan terkait dengan kesehatan pembuluh darah di otak. Tim peneliti dari Kanada menemukan bahwa peserta demensia vaskular yang berjalan tiga jam per minggu selama enam bulan telah mengalami perbaikan fungsi otak.

Dilaporkan dalam British Journal of Sports Medicine, peneliti menyebutkan bahwa kelainan kognitif pembuluh darah, atau VCI, mengacu pada demensia karena terjadi kerusakan pembuluh darah yang sama dengan penyakit jantung.

Ini adalah penyebab demensia kedua yang paling umum setelah penyakit Alzheimer. "Lebih khusus lagi, ini mengurangi risiko kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes (tipe II), dan kolesterol tinggi," kata Liu-Ambrose, seorang peneliti di University of British Columbia di Vancouver.

"Secara keseluruhan, olahraga tampaknya menjadi strategi yang menjanjikan untuk mempromosikan kesehatan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua," kata peneliti Liu-Ambrose.

Temuan, jika dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, berpotensi memiliki implikasi dalam menyarankan pasien yang lebih tua dengan faktor risiko vaskular untuk rutin berjalan kaki.