Selain Olahraga, Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

"Menjaga pola hidup sehat adalah kunci untuk tetap fit dan bugar"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Waktu berakhir pekan biasanya dijalani dengan bersantai di rumah atau berlibur bersama keluarga. Namun banyak juga yang menggunakan waktu bebas di akhir pekan untuk berolahraga agar tetap sehat dan bugar. 

Untuk menjaga kondisi tubuh, khususnya jantung banyak hal yang bisa dilakukan disamping olahraga secara rutin. Menjaga pola hidup sehat adalah kunci untuk tetap fit dan bugar.

Menurut reader's digest sejumlah pola hidup sehat bisa dijalankan agar jantung tetap terjaga kesehatannya. Hal ini mulai dari menjaga makanan dan mengelola kolesterol. Tidak memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi sangat dianjurkan. Diketahui juga orang memiliki kolesterol tinggi memiliki penyempitan katup aortik yang lebih cepat.

Tekanan darah tinggi adalah penyebab penyakit jantung kedua yang paling bisa dicegah. Untuk ini menjaga tekanan darah juga sangat penting. Ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

Berhenti merokok juga berdampak besar bagi jantung. Ini  juga akan memberi dampak positif pada bagian kerja di dalamnya. Sebaiknya mengurangi konsumsi garam. Konsumsi garam tidak lebih dari 1.500 mg sodium per hari.

Garam bisa dikurangi dengan memasak lebih banyak makanan segar di rumah akan sangat membantu mengurangi asupan garam. 70 persen sodium dalam makanan rata-rata orang berasal dari makanan kemasan atau restoran.