Bunda, Bayi Anda Aktif di Malam Hari? Siasati dengan Cara Ini

" Ini bukan masalah sederhana untuk dipecahkan karena tidak ada yang salah dengan bayinya."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Bayi Anda mungkin tidak mengalami masalah tidur, namun terkadang si bayi memang membuat Anda kesulitan tidur. Ini biasanya terjadi ketika bayi aktif malam hari. Ketika bayi aktif, berarti dia mendapat semburan energi tiba-tiba dan tidak mau tidur. Jangan bingung, Bunda.

Ketika ia rewel, biasanya ia memiliki masalah. Bisa jadi lapar, mengantuk atau tidak nyaman karena semacam rasa sakit. Tetapi ketika bayi aktif, dia tidak benar-benar merasa tidak nyaman. Sebagian besar, bayi hanya bersemangat dan ingin bermain dengan Anda bukannya tidur. Ini bukan masalah sederhana untuk dipecahkan karena tidak ada yang salah dengan bayinya.

Tidak ada salahnya jika bayi aktif di malam hari. Namun, jika Anda adalah pasangan kerja yang harus mulai bekerja keesokan harinya, Anda akan terlalu lelah untuk bermainnya di malam hari. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu belajar cara menenangkannya.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut trik-trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan bayi yang aktif di malam hari.

1. Lakukan ritual malam
Ketika malam mulai datang, ada hormon yang membuat kita merasa mengantuk. Jadi kenalkan bayi Anda dengan malam dengan membawanya main sebentar ke balkon rumah dan memperlihatkan cahaya temaram malam kepadanya.

2. Jangan Biarkan Bayi Menjadi aktif di awal malam
Sebagian besar orang tua berpikir jika hal itu akan membuat bayi mudah tertidur, namun kenyataannya tidak. Justru akan memberi Anda kesulitan.

3. Pertahankan Jadwal
Selalu ikuti jadwal bayi Anda. Bayi sangat sensitif terhadap perubahan waktu makan dan tidur mereka. Jika Anda istirahat pada jam makannya, maka ia akan aktif di jam-jam lainnya.

4. Mandi Hangat
Tidak ada yang lebih menenangkan daripada mandi air hangat bagi indra bayi. Memandikan bayi Anda dengan air suam-suam kuku akan membantunya tenang di malam hari. 

5. Mommy & Baby Time
Waktu ... Baca halaman selanjutnya