Belajar Piano Ternyata Bisa Tingkatkan Keterampilan Bahasa pada Anak

"Ada bukti bahwa mempelajari dasar-dasar piano dapat meningkatkan pembelajaran suara yang luas pada anak"
ilustrasi belajar piano (internet)

KLIKPOSITIF -- Suka kagum dengan kemampuan piano dalam menghasilkan banyak suara serta nada-nada yang unik? Hal itu dikarenakan piano memiliki 88 kunci dan ratusan senar internal. Yang lebih menakjubkan, belajar piano juga dapat membantu keterampilan bahasa pada anak.

"Ada bukti bahwa mempelajari dasar-dasar piano dapat meningkatkan pembelajaran suara yang luas pada anak, tidak hanya dari segi musik, tetapi juga bahasa," kata seorang ahli saraf kognitif di Institut McGovern Institut Massachusetts, John Gabrieli dikutip dari suara.com, jaringan Klikpositif.

Untuk itu, tim peneliti mengimbau pemerintah agar bersedia membangun badan penelitian di bidang musik dan perkembangan masa kanak-kanak. Dengan cara seperti itu, kata mereka, anak-anak dapat terbantu dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam memproses bahasa.

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of National Academy of Sciences ini membagi 74 murid TK usia 4-5 tahun yang berbahasa Mandarin menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil pelajaran piano selama 45 menit setiap minggu, satu kelompok mendapat jumlah instruksi bacaan tambahan dan kelompok terakhir tidak melakukan keduanya.

Setelah enam bulan, kelompok-kelompok itu tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam ukuran kemampuan kognitif umum seperti IQ, ingatan, dan fokus perhatian. Tapi, kelompok anak yang belajar piano memiliki perbedaan.

Dibandingkan dengan anak-anak lain di kelompok membaca tambahan, anak-anak yang mengambil pelajaran piano secara signifikan lebih baik dalam membedakan kata-kata yang diucapkan secara berbeda dengan satu konsonan.

Misal konsonan seperti "T" dan "D" yang terdengar sangat mirip. "Huruf konsonan membutuhkan sedikit lebih banyak presisi untuk membedakan satu dari yang lain daripada huruf vokal," kata seorang peneliti. (*)