Tidak Hanya Murung dan Menangis, Ini Ternyata Wujud Lain dari Depresi

"Depresi dapat dimanifestasikan dalam berbagai cara dan tak selalu datang karena dipancing oleh adanya tragedi atau peristiwa sedih"
ilustrasi depresi (internet)

KLIKPOSITIF -- Ada banyak miskonsepsi mengenai depresi. Depresi tak melulu tentang rasa sedih, haru biru atau menangis secara tiba-tiba. Depresi juga tak selalu tentang seseorang yang tinggal dalam kamar berantakan dan sendirian sepanjang waktu.

Depresi dapat dimanifestasikan dalam berbagai cara dan tak selalu datang karena dipancing oleh adanya tragedi atau peristiwa sedih. Hal itu diungkapkan oleh seorang ibu sekaligus penulis buku The Relatable Mom, Brittany Ernsperger, yang hidup dengan depresi dan kecemasan.

Belum lama ini, Brittany membagikan sebuah foto sederhana dan merangkum bagaimana depresi mampu mengambil alih sendi-sendi kehidupan yang paling sederhana. "Inilah wujud depresi," tulis Brittany dalam akun Facebook pribadinya disertai foto cucian piring bersih yang menumpuk.

Bukan karena piringnya yang telah bersih, melainkan fakta bahwa piring-piring tersebut telah menumpuk selama kurang lebih dua minggu dan terbengkalai karena depresi telah menjalar masuk ke kehidupan sehari-hari.

"Tiga hari lalu saya duduk di lantai dapur dan melihat tumpukan cucian itu sambil menangis. Saya tahu mereka harus dirapikan. Saya sangat ingin melakukannya. Tapi, depresi menahan saya. Menarik saya masuk. Seperti lubang hitam. Sangat cepat, seperti pasir isap," tulis Brittany.

Seketika itu juga, Brittany menggambarkan bahwa dirinya merasa tidak berharga, gagal, sampah, tidak kompeten, bodoh, dan pemalas. "Semua hal yang ada dalam pikiran seseorang dengan depresi. Semua. Sepanjang. Hari," tambahnya.

Dalam unggahan sederhana namun menohok tersebut, Brittany juga mengatakan bahwa dia takut suaminya akan meninggalkannya dan ia merasa gagal mendidik anak-anaknya. Brittany kemudian menutup unggahan tersebut dengan pesan sederhana namun penting bagi mereka yang menderita masalah depresi.

"Saya tidak peduli jika satu-satunya yang telah Anda lakukan hari ini adalah memakai deodoran. Saya bangga Anda telah ... Baca halaman selanjutnya