Strong, Olahraga Baru untuk Penurun Berat Badan

"Strong merupakan sebuah olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara berkelompok"
ilustrasi strong (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Zumba, gabungan antara musik dan tarian latin dengan gerakan olahraga, sudah lama dikenal sebagai latihan yang bagus untuk menurunkan berat badan dengan cara menyenangkan. Namun sekarang, ada olahraga baru yang sama-sama berbasis musik namun dengan tingkat intensitas lebih tinggi yang akan membantu Anda menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot.

Olahraga baru ini dikembangkan oleh tim Education and New Programming di Zumba Fitness yang dipimpin oleh Ai Lee Syarief yang menjadi Master Trainer olahraga yang diberi nama Strong ini.

Strong merupakan sebuah olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara berkelompok dengan menggabungkan latihan untuk menurunkan berat badan, pembentukan otot tubuh, kardio dan gerakan plyometric yang diselaraskan dengan musik.

Musik menjadi salah satu perbedaan yang paling mencolok antara Strong dengan zumba. Jika zumba lebih menggabungkan musik dengan aliran latin, hip-hop dan lagu-lagu dari mancanegara, Strong menggunakan musik dengan irama yang lebih cepat seperti musik beraliran EDM, techno, house, dubstep dan hip-hop.

Musik yang digunakan untuk Strong dibuat secara khusus agar selaras dengan setiap gerakan melalui reverse engeneering. Artinya, gerakan dibuat lalu barulah musik diproduksi agar selaras dengan setiap gerakan. Perfect sync atau sinkronisasi sempurna sangat berperan penting dalam latihan ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brunel University di London menunjukkan bahwa menyelaraskan gerakan tubuh dengan musik dapat membuat tubuh menggunakan energi lebih efisien, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme.

Selain itu, musik dapat menjadi pengalih perhatian orang-orang yang mengikuti olahraga tersebut dari rasa sakit dan kelelahan. Strong disesuaikan dengan setiap gerakan dan mendorong peserta untuk melewati batasan-batasan tubuhnya.

"Strong menggunakan gerakan yang ditemukan di HIIT (High ... Baca halaman selanjutnya