Ditangani Satu Dokter yang Sama Berkali-kali, Harapan Hidup Lebih Tinggi

"aspek manusiawi dari praktek medis memiliki potensi menyelamatkan hidup, namun telah lama diabaikan"
ilustrasi penanganan kesehatan (internet)

KLIKPOSITIF -- Menurut hasil penelitian dari Universitas Exeter, Inggris, seorang pasien yang berada dalam penanganan dokter sama, lagi dan lagi memiliki tingkat harapan hidup lebih tinggi. Mereka menyebutkan, aspek manusiawi dari praktek medis memiliki potensi menyelamatkan hidup, namun telah lama diabaikan.

Perawatan berkesinambungan memang memiliki manfaat untuk pasien dengan kondisi kronis, masalah kesehatan mental jangka panjang, serta pasien dengan kebutuhan kompleks. Namun bagaimana pun, tingginya jam kerja membuat banyak dokter kewalahan untuk menangani beberapa pasien dalam satu waktu yang sama.

Studi yang dipublikasikan oleh BMJ Open ini telah menganalisis 22 studi di sembilan negara termasuk Inggris, Perancis, AS, Kanada, dan Korea Selatan. Hasilnya, 18 dari 22 studi menunjukkan bahwa kontak dengan dokter yang sama selama rata-rata dua tahun selaras dengan tingkat kematian yang lebih kecil dibandingkan dengan pasien lain yang berganti-ganti dokter.

"Kesinambungan perawatan terjadi ketika seorang pasien dan dokter saling bertemu berulang kali dan saling mengenal satu sama lain. Ini mengarah pada komunikasi yang lebih baik, kepuasan pasien, kepatuhan terhadap saran medis dan penggunaan layanan rumah sakit yang jauh lebih rendah, kata Prof Philip Evans dari Universitas Exeter Medical School.

Dilansir dari laman suara.com, jaringan Klikpositif, tim peneliti dari Exeter, Sir Denis Pereira Gray sepakat bahwa komunikasi yang baik antara pasien dan dokter memiliki peranan yang sangat penting.

"Pasien sudah lama mengetahui bahwa seberapa baik mereka dapat berkomunikasi dengan dokter sangat penting. Sekarang, sudah jelas tentang adanya kualitas praktik medis dan secara harfiah ini masalah hidup dan mati," kata Gray. (*)