Netralkan Kolesterol Naik Habis Lebaran dengan Makanan Ini

" Santan dari kuah opor, minyak-minyak dari gorengan dan lemak dari berbagai santapan lainnya bisa mengakibatkan kadar kolesterol "
Bayam banyak mengandung lutein, zat yang mampu meningkatkan kolesterol baik (Net)

KLIKPOSITIF - Makanan khas sajian Lebaran, tidak jauh dari makanan kadar kolesterol tinggi. Sulit menghindari kenikmatan kudapan khas hari raya, meski menyisakan dampak buruk dalam tubuh. Santan dari kuah opor, minyak-minyak dari gorengan dan lemak dari berbagai santapan lainnya bisa mengakibatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh jadi meningkat.

Hal ini bisa merembet pada keluhan kesehatan lain, jika tidak ditangani dengan cepat. Penanganan cepat untuk kolesterol jahat dalam tubuh bukan hanya dilakukan oleh dokter lho, tapi juga menerapkan hidup sehat.

Sebelum berakibat fatal, ada baiknya kita mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti dibawah ini.

Bayam
Sayuran yang ajaib andalan tokoh kartun Popeye ini khasiatnya bukan cuma sebatas dalam dunia kartun lho. Faktanya, bayam banyak mengandung lutein, zat yang mampu meningkatkan kolesterol baik. Bukan Cuma kolesterol, lutein juga baik buat jantung.

Minyak Zaitun
Tidak semua minyak jahat bagi tubuh, salah satunya adalah minyak zaitun. Zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh dan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mulai sekarang, kamu bisa menambahkan minyak zaitun sebagai dressing salad agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

Bawang putih

Kemampuan bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sudah terkenal sejak dulu. Bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh teradap infeksi dan membantu penyumbatan arteri.

Teh Hitam

Teh hitam dapat meningkatkan produksi lipid dalam darah hingga sepuluh persen dalam waktu tiga minggu. Hal ini tentu saja menjadi berita baik bagi penderita kolesterol. Selain itu, teh juga mampu mengurangi penyakit jantung coroner dan melawan kanker.

Sumber: Suara.com