Apa itu Gula Kelapa? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

"Gula kelapa memiliki kandungan fruktosa dan memiliki indeks glikemik rendah"
Gula kelapa menawarkan lebih banyak vitamin dan mineral daripada gula putih (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Apakah Anda tahu gula kelapa adalah alternatif yang lebih baik untuk gula olahan? Gula kelapa adalah getah kelapa yang sudah kering dan direbus. Gula kelapa memiliki kandungan fruktosa dan memiliki indeks glikemik rendah. Gula kelapa adalah komoditas panas di dunia makanan kesehatan karena manfaatnya yang fantastis. Gula kelapa mengandung sisa mineral dan antioksidan serta jumlah karbohidrat yang sama dibandingkan dengan gula putih biasa.

Gula kelapa menawarkan lebih banyak vitamin dan mineral daripada gula putih. Gula mengandung vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, besi, tembaga, dan fosfor. Ia juga memiliki sejumlah kecil fitonutrien, seperti flavonoid, polifenol, dan anthocyanin.

Nah, apa saja manfaat kesehatan dari gula kelapa? Berikut paparannya.

1. Mengobati Diabetes
Gula kelapa mengandung serat yang dikenal sebagai insulin yang membantu memperlambat penyerapan glukosa, sehingga sangat bagus untuk masalah diabetes. Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes dapat menggunakan gula kelapa sebagai pemanis dalam rencana diet diabetes, tetapi menggunakannya dalam jumlah moderat.

2. Nutrisi Lebih dari Gula Reguler
Gula pasir biasa dan sirup jagung fruktosa tinggi memiliki kalori kosong dan tidak mengandung nutrisi penting. Di sisi lain, gula kelapa memiliki nutrisi yang ditemukan di kelapa dan ini termasuk zat besi, seng, kalsium, kalium, polifenol, dan antioksidan. Menurut Food and Research Institute, zat besi dan seng ditemukan sekitar dua kali lebih banyak dalam gula kelapa daripada gula pasir.

3. Indeks Glikemik Rendah
Kisaran gula kelapa relatif rendah dalam jumlah indeks glikemik dibandingkan dengan gula rafinasi yang tinggi dalam indeks glikemik. Makanan tinggi indeks glikemik dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi spike yang berdampak pada tingkat insulin. Selain itu, gula kelapa dikemas dengan insulin yang memperlambat penyerapan ... Baca halaman selanjutnya