Cegukan saat Berpuasa, Ada Empat Cara Mengatasinya

"Perlu Anda ketahui, cegukan terjadi bila otot-otot diafragma mengalami kejang atau kontraksi"
ilustrasi cegukan (internet)

KLIKPOSITIF -- Meski cegukan tidak membahayakan kesehatan, tapi keluhan ini sangat mengganggu dan bikin Anda jadi tak nyaman apalagi bila sedang puasa. Perlu Anda ketahui, cegukan terjadi bila otot-otot diafragma mengalami kejang atau kontraksi.

Diafragma sendiri terletak di bawah ulu hati dan di atas perut. Ada banyak hal yang bisa memicu cegukan, diantaranya makan sahur kebanyakan atau terlalu cepat, minum minuman bersoda, menelan udara misalnya karena makan permen karet atau perubahan suhu yang mendadak.

Namun, Anda juga mungkin saja mengalami cegukan karena otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat. Karena adanya emosi yang meluap-luap, terjadi gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.

Pada umumnya, cegukan akan hilang sendiri tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi, dalam beberapa kasus cegukan bisa berlangsung sangat lama sehingga Anda pasti tidak betah dan otot-otot diafragma jadi nyeri.

Selain minum air atau menelan makanan, ini empat cara mengatasi cegukan saat puasa yang perlu Anda pelajari dilansir Hello Sehat:
1. Tahan napas
Ambil napas dalam dengan hidung Anda, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Kemudian hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum hilang.

2. Bernapas dalam kantong kertas
Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung Anda, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung Anda sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama Anda akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan melemas kembali. Pastikan Anda tidak pakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika Anda mengambil ... Baca halaman selanjutnya