Banyak Makan Saat Lebaran, Atasi Masalah Kolesterol dengan Minyak Zaitun

"Masakan kaya santan dan minyak memang sering dituding sebagai biang keladi banyak penyakit tidak menular"
Minyak Zaitun (internet)

KLIKPOSITIF -- Perayaan Lebaran di Indonesia identik dengan sajian serba santan yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol, seperti opor, rendang dan sambal goreng. Tak heran jika terjadi peningkatan kunjungan ke rumah sakit pasca Lebaran dengan keluhan pusing hingga stroke.

Masakan kaya santan dan minyak memang sering dituding sebagai biang keladi banyak penyakit tidak menular. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pola makan tidak sehat adalah salah satu faktor resiko utama untuk berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes dan kondisi yang terkait dengan obesitas.

Namun belakangan diketahui bahwa penggunaan minyak zaitun ternyata bisa membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun kaya akan vitamin E, mengandung nol kolesterol dan 77 persen kandungan lemaknya adalah jenis lemak tak jenuh.

Minyak zaitun biasa digunakan untuk menggoreng, menumis atau memanggang hidangan penutup seperti kue Red Velvet. Dengan sederet kandungan tersebut, penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengelola kadar kolesterol, darah tinggi atau penyakit arteri koroner melalui perbaikan pola makan.

"Proses menggoreng telah menjadi bagian dari kebiasan masak yang tidak dapat dipisahkan. Dengan menggunakan minyak zaitun, masyarakat dapat menggoreng dan menikmati makanan yang lezat dengan sehat," ungkap Head of Asia Bertolli, Alberto Perez Martin seperti dilansir suara.com, jaringan Klikpositif Nasional Network (KPNN).

Alberto berharap, perayaan Idul Fitri kali ini juga sekaligus dapat merayakan kesehatan bersama orang tersayang. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memikirkan jenis makanan sehat yang akan disajikan sebagai langkah kecil yang mengarah pada perubahan yang lebih besar.

Salah satu perubahan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti minyak masak yang digunakan. "Minyak zaitun menguntungkan bagi kesehatan. Ketika memasak ... Baca halaman selanjutnya