Empat Kesalahan Mendidik Anak Sebelum Berumur Lima Tahun

"kesalahan kecil yang sering kita lakukan sebelum anak berumur lima tahun."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Memiliki anak lima tahun yang bahagia, sehat, dan hangat merupakan hal yang sangat diandalkan dan diinginkan semua orang tua. Namun banyak dari kita yang tak menyadari kesalahan kecil yang sering kita lakukan sebelum anak berumur lima tahun.

Apa saja itu? Berikut empat hal yang sering kita lewatkan.

1.ASI tidak dapat tergantikan
Manfaat gizi dari ASI telah ditentukan dengan baik, menurut American Pregnancy Association. Ada bukti yang menunjukkan bahwa manfaat menyusui yang teramati dibaurkan oleh faktor pengasuhan lainnya, seperti status sosial ekonomi.

2. Latihan pispot akan mudah
Melatih anak menggunakan toilet saat ini merupakan hal yang sangat baik. Hal itu sebaiknya dididik secara alami. Pendekatan alami merupakan hal yang menarik bagi anak, karena hal itu juga berpengaruh pada mentalnya.

3. Membatasi kreativitas anak
Memiliki sifat yang rapi tentunya adalah hal yang bagus, namun membersihkan barang yang berantakan oleh anak akan membuat Anda merasa bersalah, walaupun hanya melemparkan stiker dengan perekat jelek, seni glitter yang ada di mana-mana, dan membersihkan halaman yang dicat warna-warni.

4. Mengajarkan soal kehilangan
Memberikan pengertian kepada anak soal kehilangan dan kalah dalam permainan merupakan hal yang baik. Mengajarkan soal hal baik dan buruk dalam permainan juga akan memberika pemahaman yang baik baginya.

Sumber: Business Insider