Begini Cara Mengatur Pola Tidur di Bulan Ramadan

"Tips ini akan sangat bermanfaat dilakukan saat bulan Ramadan"
ilustrasi tidur (internet)

KLIKPOSITIF -- Bangun sahur saat dini hari bisa membuat waktu tidur berkurang dan pola tidur jadi berantakan. Apa yang harus dilakukan, sementara Anda pun tak mungkin meninggalkan kewajiban makan sahur?

Seperti dilansir dari suara.com, jaringan Klikpositif Nasional Network (KPNN), beberapa langkah dan kiat berikut mungkin bisa Anda terapkan agar sahur berjalan lancar dan kebutuhan tidur juga tercukupi:

1. Buka puasa secukupnya saja. Kalau menuruti hawa nafsu, Anda tentu ingin buka puasa dengan berbagai jenis makanan dan minuman. Padahal, selain tak baik untuk kerja pencernaan, terlalu kenyang saat buka puasa akan mengganggu kualitas tidur malam Anda.

2. Makanlah sepelan mungkin. Perut begah akibat makan terlalu cepat hanya akan membuat Anda kesulitan tidur dan beristirahat dengan nyaman di malam hari. Jadi, makanlah perlahan saat buka puasa supaya terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Atur waktu makan dan minum setelah berbuka puasa dengan baik, misalnya makan makanan ringan saat buka puasa ditambah segelas air putih, selingi dengan salat Magrib, lanjutkan sebelum salat Taraweh, dan baru mengambil makan utama sepulang salat Taraweh. Makan dan minum yang terkelola dengan baik akan memberi Anda kesempatan mendapatkan tidur malam yang lebih baik pula.

4. Sahur lebih awal. Jangan takut bakal cepat lapar di siang hari. Justru ini akan memberi kesempatan pada Anda untuk bersantai setelah makan sahur, sebelum salat Subuh dan bersiap-siap berangfkat ke kantor.

5. Jangan tidur sebelum buka puasa. Tidak peduli betapa mengantuknya Anda, tahan keinginan untuk tidur menjelang waktu buka puasa. Kebanyakan tidur siang atau sore hanya akan menyulitkan Anda untuk tidur di malam hari.

6. Puaskan diri Anda dengan screen time, misal nonton TV atau bermain gadget, sebelum buka puasa. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan mengurangi jumlah paparan televisi atau gadget sebelum tidur untuk mendapatkan tidur ... Baca halaman selanjutnya