Puasa Bukan Alasan Malas Bekerja, Ini Tipsnya

"Seperti Roti gandum, Ubi, Jagung, dan Singkong. Sebab makanan ini bisa menahan dari rasa lapar dalam waktu lama "
Roti gandum bisa menahan dari rasa lapar dalam waktu lama (Pixabay)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Menu yang dikonsumsi manusia bisa mempengaruhi kerja tubuh seharian apalagi di bulan puasa. Maka sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat.

"Seperti Roti gandum, Ubi, Jagung, dan Singkong. Sebab makanan ini bisa menahan dari rasa lapar dalam waktu lama sehingga membuat Anda lebih fresh saat puasa," kata Kepala Puskesmas Silayang Kecamatan Mapattunggul Selatan, dr. Monalisa saat berbincang dengan KLIKPOSITIF, Kamis 17 Mei 2018.

Mengutamakan protein dan sayuran juga hal yang sangat penting dalam menjaga tubuh agar tetap fit selama Ramadan. "Air putih dan buah-buahan tentunya menjadi hal yang harus banyak dikonsumsi agar kesehatan tetap terjaga di bulan Ramadan," katanya.

Ia juga menyarankan agar selama Ramadan mengurangi minum yang manis-manis seperti Kopi, Teh, dan minuman bersoda. "Sebab minuman ini mengandung lemak sehingga akan membuat kita susah tidur," tuturnya.

Disisi lain, saat sahur dan berbuka puasa hendaklah minum air putih yang cukup agar tubuh tidak lemas dan terhindar dari dehidrasi dalam bekerja. "Sehingga fokus kerja tetap terjaga selama puasa," katanya.

"Sehingga kita tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bekerja atau memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. "Jadi mari tetap jaga semangat dalam bekerja dengan tetap menjaga produktivitas dan juga melayani masyarakat di bulan puasa ini, selain kewajiban juga akan menambah pahala, Insyaallah," ucapnya.

dr. Monalisa merupakan Kepala Puskesmas Silayang Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman. Selama Ramadan, pihaknya tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat. "Tidak ada rasa lelah yang berkelebihan, hanya saja jam kantor yang di kurangi karena membutuhkan waktu di rumah pula untuk mempersiapkan menu berbuka puasa," jelasnya.

(Man St Pambangun)