Ini Tips Diet Selama Ramadan

"Tumis makanan dalam wajan untuk menghilangkan 10 kali lebih sedikit lemak daripada menggoreng"
Tumis makanan dalam wajan untuk menghilangkan 10 kali lebih sedikit lemak daripada menggoreng (arabianbusiness)

KLIKPOSITIF - Menyambut bulan Suci Ramadan, Anda tentunya membuat pilihan makanan yang lebih cerdas dengan nilai gizi yang lebih baik agar kesehatan juga lebih baik. Selain itu, hal ini juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis dengan tetap mempertahankan berat badan.

Nah, cara apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut tips yang bisa Anda lukan selama Ramadan agar diet Anda tetap sehat.

1. Metode memasak alternatif
Tumis makanan dalam wajan untuk menghilangkan 10 kali lebih sedikit lemak daripada menggoreng. Jika Anda memilih memanggang makanan, Anda bisa menggunakan rak untuk menghilangkan tetesan lemak.

Hal lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan memasak makanan di oven menggunakan peralatan masak tertutup dengan sedikit cairan ekstra sehingga Anda mampu mengontrol jumlah minyak yang digunakan. Mengukus sayuran tentunya juga menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk mempertahankan vitamin dan mineral.

Sayuran seperti wortel, cabai dan bawang serta sedikit garam memberikan rasa yang kaya. Disamping itu, pastikan Anda membilas produk kalengan dan acar mengurangi kandungan garamnya. Jika Anda ingin meningkatkan rasa makanan sehat, bumbui menggunakan lemon dan cuka.

2. Makanan peningkat kekebalan
Makan ikan berlemak seperti salmon dan sarden untuk meningkatkan asam lemak omega-3, zinc, dan vitamin B6. Jangan lupa makan buncis, yang merupakan sumber vitamin B6 dan zat besi.

Yogurt juga diperkaya dengan probiotik untuk memainkan peran yang efektif dalam meningkatkan pertahanan alami tubuh. Selain itu, rempah-rempah dan herbal alami kaya antioksidan seperti jinten, kayu manis, kunir, basil dan thyme juga mampu menambah rasa pada makanan. Adapun minyak sehat dengan antioksidan alami yakni minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung dan minyak bunga matahari.

3. Tinjau label makanan
Saat berbelanja bahan makanan, periksa fakta gizi pada produk seperti informasi jumlah lemak jenuh ... Baca halaman selanjutnya