Ini Organ Tubuh yang Menerima Dampak Positif Puasa

"Puasa yang dilakukan dengan benar bisa menurunkan kolesterol dan lemak"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Menjalankan puasa di bulan Ramadan ternyata memberi dampak positif bagi sebagian organ tubuh. Dilansir dari laman go-dok.com puasa berdampak baik pada pembuluh darah dan jantung.

Puasa yang baik adalah dengan menjaga komposisi makan di waktu saat. Jumlahnya tidak berlebihan. Makanan yang dimakan baiknya mengandung gizi seimbang. Kemudian pada siang hari tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain itu, saat berbuka tidak perlu makan berlebihan. Puasa yang dilakukan dengan benar bisa menurunkan kolesterol dan lemak. Kebanyakan perilaku masyarakat adalah makan banyak saat sahur dan siang malah banyak tidur. Giliran berbuka dijadikan ajang balas dendam.

Kebiasaan ini membuat puasa memberi efek yang tidak baik. Makan berlebihan dan kurang bergerak aktif bisa memicu penumpukkan plak di pembuluh darah. Penumpukkan plak ini lama kelamaan bisa menyumbat aliran darah.

Akibat penyumbatan ini pada titiknya akan memicu serangan jantung. Jika penyumbatan terjadi di otak, bisa menyebabkan stroke. Untuk menjaga kondisi tubuh selama puasa disarakan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang. Selain itu konsumsi makanan sahur dan berbuka dengan bergizi seimbang.