Ibu Hamil Ayo Ikut Berpuasa, Ini Kiatnya

"Ibu hamil bisa memilih makanan yang melepas energi secara perlahan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Perempuan yang sedang hamil tidak meski takut atau merasa cemas untuk menjalan ibadah puasa. Selama kondisi kehamilan sehat dan normal seorang yang sedang hamil bisa terus menjalan ibadah tanpa takut kesehatannya dirinya dan bayi terganggu.

Dilansir dari healtylife menjaga asupan nutrisi yang cukup bagi ibu dan janin adalah salah satu hal yang harus diperhatikan selama bulan ramadan. Hal ini berkaitan dengan pola makan ibu yang sangat berpengaruh pada janin dalam rahimnya.

Ibu hamil bisa memilih makanan yang melepas energi secara perlahan. Karbohidrat kompleks, seperti gandum, beras merah dan cokelat, lalu makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Mengkonsumsi makan jenis ini membantu tubuh terasa berenergi sepanjang berpuasa.

Menghindari asupan yang manis pada saat sahur dan berbuka juga bisa membantu menekan kadar gula dalam arah. Kenaikan gula darah yang drastis bisa membuat ibu hamil merasa lebih cepat lelah karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mengolah gula.

Konsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur yang dimasak matang, saat sahur maupun berbuka. Nutrisi ini akan membantu bayi tumbuh dengan baik walau ibu berpuasa. Selain itu cukup minum air putih. Meminum sekitar 1,5 -2 liter air antara waktu berbuka hingga sahur.

Hindari minuman berkafein. Kopi atau teh bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak air karena memicu buang air kecil, sehingga ibu hamil lebih mungkin mengalami dehidrasi, terutama jika cuaca panas. Air kepala saat berbuka bisa menjadi pilhan yang baik. Ini bisa membantru ibu mendapatkan rasa segar dan manis alami.