Mempersiapkan Sahur yang Sehat

"Untuk melengkapi menu sahur, sayur dan buah yang tinggi serat juga sangat dianjurkan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF --Sahur adalah momen vital untuk menyiapkan tubuh agar berkecukupan akan bahan-bahan makanan seperti sumber energi, protein, lemak, dan serat.

Dilansir dari health.com tanpa makanan, kadar gula pada darah orang tersebut akan menurun sehingga merasa lemas. Lalu, karena tidak minum selama 14 jam, orang tersebut juga berisiko kekurangan air atau dehidrasi.

Oleh karena itu bagi yang berpuasa  karbohidrat menjadi penting. Karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, dan gula. Itu semua sumber karbohidrat. Karbohidrat harus dipilih yang dapat membuat kadar gula darah stabil, walaupun ketika mendekat ke sore hari gula darah pasti akan tetap mengalami penurunan.

Untuk karbohidrat disarankan untuk makan beras merah atau beras lainnya yang tinggi serat. Jika berasnya tinggi serat, maka penyerapan di saluran pencernaan akan terjadi perlahan-lahan. Kalau diserapnya perlahan-lahan, kadar gula di darah naiknya juga perlahan-lahan.

Selain beras merah, sumber karbohidrat tinggi serat lainnya seperti kentang yang dimakan bersama kulitnya dan roti gandum juga bisa menjadi pilihan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengonsumsi protein dan lemak. Sebaiknya tidak makan protein yang terlalu tinggi di saat sahur. Sebab, protein yang terlalu tinggi akan membutuhkan lebih banyak air untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan kehausan. Untuk protein sebaiknya konsumsi ikan atau ayam

Sumber lemak juga diperlukan. Lemak pun harus dipilih yang sehat dan bukan dari gorengan. Lemak yang berasal dari gorengan adalah lemak trans yang sangat berbahaya. Jadi, dipilihkan lemak yang sehat, misalnya yang tidak digoreng dan berasal dari ikan yang tidak digoreng juga. Terlalu banyak makan gorengan malah akan memberikan rasa haus di mulut.

Untuk melengkapi menu sahur, sayur dan buah yang tinggi serat juga sangat dianjurkan. Jangan lupa juga untuk minum setidaknya tiga gelas air dan hindari kopi atau ... Baca halaman selanjutnya