Telehealth, Inovasi Berobat Zaman Now

"telehealth memungkinkan masyarakat di pelosok daerah mendapatkan penanganan dari dokter di pusat kota"
ilustrasi telehealth (internet)

KLIKPOSITIF -- Untuk memeratakan pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia, para industri alat kesehatan berlomba-lomba menciptakan produk inovatif, salah satunya telehealth atau juga disebut telemedicine.

Philips Indonesia President Director, Suryo Suwignjo mengatakan dengan hadirnya teknologi telemedicine atau telehealth memungkinkan masyarakat di pelosok daerah mendapatkan penanganan dari dokter di pusat kota.

"Telehealth dibutuhkan untuk menghubungkan tenaga kesehatan di daerah terpencil dengan rumah sakit yang berada di kota-kota besar yang memlliki fasilitas lebih lengkap untuk bisa memberi pertolongan lebih cepat dan diagnosa lebih akurat," ujar Suryo pada sebuah diskusi di Jakarta, belum lama ini.

Dalam kesempatan yang sama, Fajaruddin Sihombing, SE mewakili Kompartemen JKN ARSSI menyambut baik inovasi telemedicine di bidang kesehatan. Menurut dia, telemedicine sudah sangat dibutuhkan, terutama di Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau kecil dengan akses transportasi yang menantang.

"Buat rumah sakit, telemedicine sangat baik sekali. Ini sangat mempermudah dalam proses pemeriksaan. Ini sudah kebutuhan. Rumah sakit harus bersiap melangkah ke sana. Elemen yang ada di rumah sakit seperti tenaga kesehatan mau tidak mau akan melangkah ke sana. Kita harus bersinergi," tambahnya.

Suryo menambahkan, untuk mendukung penerapan telemedicine di Indonesia, Philips memiliki sederet inovasi antara lain Philips Lumify yakni ultrasound dengan perangkat pintar berbasis aplikasi dan Philips IntelliSpace Portal 8.0 yang dapat memberikan analisa mutakhir dalam mendiagnosis penyakit yang dialami pasien. (*)

sumber: suara.com