Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala Pagi Hari

"Kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Tidak jarang, sakit kepala menyerang kita saat baru bangun tidur. Lazimnya sakit kepala yang muncul setelah bangun tidur disebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi ini terjadi karena selama masa tidur sekitar 7-8 jam tubuh tidak mendapat asupan air sama sekali.  terlelap tanpa asupan air. Perubahan tekanan darah karena perubahan posisi yang terlalu cepat dari berbaring ke posisi duduk atau berdiri juga bisa memicu sakit kepala.

 

Sejumlah faktor lain juga bisa ikut memicu sakit kepala saat bagun tidur. Salah satunya adalah migrain. Sakit kepala jenis ini terasa pada satu sisi kepala, tetapi dapat menjalar memengaruhi kedua belah sisi. Rasa sakit migrain sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut parah yang bisa bertambah buruk ketika terpapar cahaya terang

Kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kurang tidur akan meningkatkan hormon stres (kortisol dan adrenalin) yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Jika kurang tidur jumlah hormon tiroid dalam tubuh akan meningkat, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung.

Salah bantal bisa menyebabkan sakit leher dan kaku seperti tidak bisa digerakkan ke kanan atau kiri. Rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke bahu. Salah bantal bisa terjadi ketika otot Anda terlalu tegang sehingga teriritasi atau robek akibat menggunakan bantal tinggi.

Kebiasaan rutin minum kopi yang dihentikan tiba-tiba juga bisa menyebabkan sakit kepala saat bagun tidur. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang sistem saraf otak untuk melebarkan pembuluh darah. Menghentikan asupan kafein secara tiba-tiba akan mengecilkan pembuluh darah di otak. Akibatnya semakin sedikit darah yang mengalir dari jantung ke otak, sehingga menyebabkan sakit kepala.