Peneliti: Orang yang Sering Tidur Siang Lebih Bahagia

"Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 43 persen dari peserta berusia 18 hingga 30 tidur lama di siang hari, dibandingkan dengan peserta yang berusia 50 tahun hanya sebanyak 30 persen"
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Dengan hanya tidur siang selama kurang dari 30 menit ternyata bisa meningkatkan rasa bahagia kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur siang sekitar 30 menit dapat meningkatkan rasa bahagia serta meningkatkan kinerja. Para penelitipun telah menemukan kata baru untuk menggambarkan perasaan puas setelah tidur siang yang singkat yaitu ‘nappiness’.

Richard Wiseman, seorang professor dari universitas Hertfordshire mengatakan: “Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa tidur siang di bawah 30 menit membuat Anda lebih fokus, produktif dan kreatif, dan temuan barupun menunjukkan bahwa Anda juga bisa menjadi lebih bahagia dengan hanya tidur siang sebentar."

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur siang lebih lama kurang bahagia dibandingkan mereka yang tidak tidur siang sama sekali. Dalam penilitian yang diadakan selama Festival Sains Internasional Edinburgh tersebut diikuti lebih dari 1.000 orang.

Hasilnya cukup mengejutkan dimana orang yang tidur siang kurang dari 30 menit sebanyak 66 persen merasa bahagia dibandingkan orang yang tidur siang lama hanya 56 persen dan orang yang tidak pernah tidur siang sama sekali sebanyak 60 persen.

Orang yang tidur siangnya singkat memiliki skor kebahagiaan rata-rata 3,67 pada skala lima poin, yang tidak tidur siang 3,52 dan orang yang tidur siangnya lama sebanyak 3,44.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 43 persen dari peserta berusia 18 hingga 30 tidur lama di siang hari, dibandingkan dengan peserta yang berusia 50 tahun hanya sebanyak 30 persen. Hanya 11 persen mengatakan mereka diizinkan untuk tidur siang di tempat kerja.

“Sebuah pusat penelitian menunjukkan bahwa tidur siang singkat meningkatkan kinerja. Banyak perusahaan yang sangat sukses, seperti Ben & Jerry dan Google, telah menyediakan ruang tidur siang, dan karyawan harus bangun dari tidur siang mereka ... Baca halaman selanjutnya