Apa yang Terjadi Ketika Kamu Melewatkan Jadwal Makan?

"Wanita yang sering mengalami kelaparan ketika berusia tujuh tahun atau kebawah, juga berisiko tiga kali lebih tinggi terkena kanker payudara kelak ia dewasa."
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Rasa lapar sering diabaikan meski itu adalah sebuah tanda bahwa tubuh perlu asupan energi. Ada banyak alasan seseorang sering mengabaikan rasa lapar, salah satunya karena diet.

Perlu anda ketahui, karbohidrat, protein, dan lemak dari apa yang dikonsumsi akan dicerna menjadi gula sederhana, asam amino, dan asam lemak bebas. Nutrisi ini masuk ke aliran darah lalu dibawa ke organ dan jaringan untuk digunakan sebagai energi.

Jika anda melewatkan waktu makan, maka jumlah nutrisi yang bersirkulasi dalam darah akan turun. Ketika kadar gula darah turun drastis, otak akan mengira tengah berada dalam situasi mengancam nyawa. Otak lalu mengirim perintah ke beberapa organ untuk melepaskan hormon untuk meningkatkan kadar glukosa. Hormon utama yang dilepas adalah adrenalin.

Membiarkan perut dalam kondisi lapar bisa berdampak bukan hanya pada kemampuan kita mengambil keputusan, melainkan juga emosi.

Ini alasan mengapa Anda tidak boleh membiarkan perut selalu dalam keadaan kosong.

1. Rasa ingin makan sesuatu meningkat saat perut kosong. Akibatnya, setelah ada makanan, biasanya anda akan makan apa saja.

2. Kekurangan energi karena kekurangan asupan membuat fungsi tubuh tidak berjalan normal. Itu sebabnya mengapa anda harus makan secara teratur.

3. Kestabilan kadar gula darah juga akan tercipta jika anda makan secara teratur tiga kali sehari. Kadar gula darah yang stabil penting untuk dijaga.

4. Kemampuan berpikir ikut berkurang saat anda dalam keadaan lapar. Anda menjadi tidak fokus sehingga tidak produktif bekerja. Ini karena otak bergantung pada glukosa untuk bekerja.

5. Saat sedang kelaparan, emosi akan sulit dikontrol sehingga kita jadi gampang tersinggung dan marah. Selain itu penelitian terbaru menemukan adanya hubungan antara kelaparan dengan risiko kanker payudara.

Kelaparan tak hanya menyebabkan gangguan jiwa, tetapi ... Baca halaman selanjutnya