Wanita Hamil Rentan Terkena Diabetes Gestasional, Ini Cara Mengatasinya

"Para wanita terlebih dahulu mendiskusikan riwayat penyakit diabetes gestasional kepada dokter. "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pola diet yang sehat diyakini dapat menurunkan resiko diabetes gestasional pada wanita setelah melahirkan. Diabetes gestasional merupakan penyakit yang dialami selama masa kehamilan dan dapat menimbulkan risiko tekanan darah tinggi pada wanita beberapa tahun setelah proses kelahiran.

“Diet sehat artinya banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan kurangi konsumsi daging merah. Dengan menjalankan diet sehat ini, para wanita setelah melahirkan dapat terhindar dari resiko penyakit diabetes gestasional, diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi,” ujar Dr. Cuilin Zhang seperti yang dikutip dari Reuters Health.

Ia mengatakan, buah-buahan dan sayuran banyak mengandung kalium yang tinggi, vitamin K, asam askorbat dan antioksidan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah. Sedangkan serat biji-bijian dan kacang-kacangan membantu memperbaiki cara tubuh memproses gula dan menangani peradangan.

25 persen wanita yang melakukan diet sehat mengalami resiko tekanan darah tinggi lebih rendah dibanding para wanita yang tidak menerapkan pola diet sehat. Hal ini dibuktikan peneliti dalam jurnal Hypertension, bahwa hampir 4.000 wanita di Nurses Health Studi II Amerika mengidap diabetes gestasional pada tahun 1989 hingga 2011.

Diet sehat dalam penelitian ini menekankan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran segar dan makanan non-olahan yang tinggi kalium dan rendah sodium karena keduanya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

"Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko tunggal yang paling dimodifikasi untuk stroke, sehingga menghindari (itu) akan membantu mengurangi risiko stroke," katanya. "Kondisi utama lainnya yang terkait dengan (tekanan darah tinggi) termasuk penyakit jantung, gagal jantung, dan penyakit ginjal kronis, yang semuanya memperpendek harapan hidup."

Sebelum melahirkan, para wanita terlebih dahulu ... Baca halaman selanjutnya