Jangan Kurangi Porsi Makan untuk Turunkan Berat Badan

"makan lebih banyak justru membuat berat badan Anda lebih baik."
Ilustrasi (Getty Images)

KLIKPOSITIF - Bila Anda ingin menurunkan berat badan, salah satu saran penting yang harus Anda dengar adalah "makan lebih sedikit." Tetapi menurut sebuah studi baru dari Penn State University, makan lebih banyak justru membuat berat badan Anda lebih baik.

Dalam penelitian terhadap sekitar 100 wanita dalam dua kelompok - salah satunya memiliki pelatihan strategi penurunan berat badan sebelumnya. Mereka mengendalikan nafsu makan seminggu sekali selama empat minggu saat makan siang. Makanan mereka terdiri dari tujuh makanan dengan kalori dan ukuran porsi yang disajikan bervariasi setiap minggu.

"Para periset menemukan bahwa kedua kelompok makan lebih banyak makanan saat piring mereka mengandung lebih banyak makanan," kata penulis studi utama Faris Zuraikat, seorang mahasiswa pascasarjana di departemen ilmu pengetahuan negara bagian Penn State.

Dilansir dari laman men's Health, hal ini mengejutkan, karena meski kelompok yang terlatih seharusnya sudah makan lebih sedikit, mereka tidak dapat menahan jumlah makanan yang diletakkan di depan mereka. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah total makanan yang dikonsumsi kedua kelompok.

Wanita yang terlatih dalam ukuran porsi masih kurang kalori dibandingkan kontrol. Dan mereka tidak makan lebih sedikit, tapi dengan makan lebih banyak makanan padat kalori rendah dan kurang dari makanan padat kalori tinggi.