Studi: Penderita Penyakit Jantung yang Rutin Olahraga Dapat Hidup Lebih Lama

"Mereka yang berolahraga secara rutin, meski kurang dari rata-rata waktu olahraga, memiliki peluang 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal daripada orang yang banyak duduk"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Penelitian yang dilakukan ahli kesehatan Norwegia menemukan bahwa penderita penyakit jantung yang rutin berolahraga dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak melakukan banyak aktivitas fisik.

Mereka yang berolahraga secara rutin, meski kurang dari rata-rata waktu olahraga, memiliki peluang 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal daripada orang yang banyak duduk. Dan jika individu yang kurang aktif ini berhenti berolahraga selama penelitian, mereka masih 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk cepat meninggal daripada orang yang tidak pernah berolahraga sama sekali.

"Ini penting karena kebanyakan individu cenderung mengubah tingkat aktivitas mereka dari waktu ke waktu. Hal yang harus diingat oleh pasien adalah mereka harus terus bergerak, bahkan jika tubuh mereka saat ini jarang berolahraga, tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai," ungkap Trine Moholdt, seorang peneliti dari Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Norwegia di Trondheim.

(WHO) Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar orang dewasa yang berusia 18 sampai 64 tahun mendapatkan setidaknya 150 menit olahraga aerobik dengan intensitas sedang atau setidaknya 75 menit aktivitas intens setiap minggu. Idealnya, setiap sesi olahraga minimal harus 10 menit.
Kegiatan ini dapat mencakup hal-hal seperti berjalan kaki, berkebun, menari ballroom, aerobik air, atau bersepeda santai. Olahraga yang kuat mencakup hal-hal seperti joging, berenang di lap, dan bersepeda dengan kecepatan paling tidak 10 mil per jam, menurut American Heart Association. [Ismail]

Sumber: Reuters