Ini 4 Prioritas Pemerintah di Bidang Kesehatan Tahun 2018

"Pemerintah ingin menurunkan angka kematian ibu dan anak"
Ilustrasi (Seedco)

KESEHATAN, KLIKPOSITIF -- Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan pemerintah memiliki empat prioritas dalam bidang kesehatan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di tahun 2018 ini.

Pertama, pemerintah ingin menurunkan angka kematian ibu dan anak, kedua meningkatkan gizi masyarakat, ketiga mengendalikan penyakit infeksi dan tidak menular serta keempat mendorong gerakan masyarakat dan dokter keluarga.

Hal ini disampaikannya dalam sesi ketiga acara Human Capital Investment: A New Driving Force of the Economy yang bertema Key Opportunities and Challenges in Human Capital Investment di Bali pada Kamis, 1 Maret 2018.

"Beberapa prioritas pemerintah dalam bidang kesehatan yaitu pertama menurunkan angka kematian ibu dan anak," katanya.

Kedua meningkatkan nutrisi, ketiga mengontrol penyakit-penyakit infeksi dan penyakit tak menular, dan keempat menggalakkan gerakan masyarakat dan dokter keluarga.

Menurutnya gerakan masyarakat sehat yang digalakkan pemerintah memiliki tiga tujuan, yaitu menciptakan hidup sehat, lingkungan yang sehat serta mengurangi biaya kesehatan keluarga.

"Gerakan masyarakat sehat mempunyai tiga tujuan, yakni menciptakan hidup sehat, menciptakan lingkungan sehat, dan mengurangi biaya kesehatan keluarga," tutur Nila kemudian.(*)

Sumber: Kemenkeu