Ternyata 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah-mentah

"Pasalnya, madu alami ini mungkin mengandung containgrayanotoxin yang dapat menyebabkan gejala keracunan "
Kentang. (Net.)

KLIKPOSITIF - Kebiasaan mengonsumsi makanan mentah memang sudah menjadi tradisi setiap daerah. Namun tahukah anda bahwa mengonsumsi makanan mentah seperti daging, dapat berisiko terinfeksi bakteri salmonella dan penyakit bawaan makanan lainnya. Mengonsumsi makanan mentah memang tidak dianjurkan, karena dikhawatirkan mengandung racun sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak Anda konsumsi mentah seperti dilansir laman Prevention.

1. Kentang
Mengonsumsi kentang dalam kondisi mentah dapat meningkatkan risiko Anda terinfeksi zat beracun yang memicu gejala mual, sakit kepala meski dalam dosis kecil. Selain itu zat pati dalam kentang yang dikonsumsi mentah juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga perut kembung.

2. Kecambah
Kecambah memang terasa nikmat jika dikonsumsi mentah karena teksturnya yang renyah. Tapi hati-hati dengan kebiasaan ini, pasalnya kecambah mentah meningkatkan risiko infeksi bakteri berbahaya seperti salmonella, E.coli, dan listeria. Sebaiknya konsumsi dengan cara direbus dan cuci bersih sebelumnya.

3. Kacang merah
Kacang-kacangan merupakan camilan sehat yang nikmat ketika dikonsumsi. Tapi jangan sekali-kali Anda konsumsi kacang merah mentah, pasalnya hal ini dapat menyebabkan masalah mual, muntah hingga diare karena paparan zat lectin dan phytohaemagglutinin.

Untuk menghancurkan toksin ini, rendam kacang selama 5 jam, cuci dengan air mengalir, lalu rebus kacang selama minimal 30 menit.

4. Madu
Madu asli ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak-anak. Pasalnya, madu alami ini mungkin mengandung containgrayanotoxin yang dapat menyebabkan gejala keracunan pada anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, seperti sakit kepala, tekanan darah rendah dan mual.

5. Susu
Susu sapi asli diyakini memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat mencegah ... Baca halaman selanjutnya