Inilah Tips Belanja Hemat yang Dijamin Tak Menguras Dompet

"elanja menjadi kegiatan yang tentu menguras dompet. Terlebih kalau Anda termasuk si shopaholic, bisa-bisa alokasi untuk belanja sehari-hari habis untuk belanja yang tidak-tidak"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Sebagai manusia, wajar kalau kita kesulitan untuk mengontrol keinginan. Salah satunya ialah keinginan untuk belanja. Seperti yang diketahui, belanja menjadi kegiatan yang paling mengasyikkan. Beli ini dan itu tanpa pikir panjang, apalagi kalau dompet tebal, rasanya semua ingin dibeli.

Akan tetapi, belanja menjadi kegiatan yang tentu menguras dompet. Terlebih kalau Anda termasuk si shopaholic, bisa-bisa alokasi untuk belanja sehari-hari habis untuk belanja yang tidak-tidak. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebiasaan buruk ini?

Ikuti tips belanja hemat di bawah ini.

Membuat Daftar Belanjaan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar belanjaan. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan, misalnya mencegah kebingungan saat berbelanja sehingga Anda tidak perlu pusing lagi untuk memilih barang apa yang hendak dibeli.

Daftar belanjaan juga akan membantu Anda untuk mengurangi sifat konsumtif saat berbelanja. Jadi, apa yang dibelanjakan sesuai dengan yang tertera di daftar belanjaan.

Apa yang Dibutuhkan vs Apa yang Diinginkan
Kebutuhan dan keinginan itu menjadi dua hal yang berbeda, tapi sering diartikan sama. Kebutuhan lebih ke barang keperluan sehari-hari yang waktu pemenuhannya tidak bisa ditunda-tunda. Sementara keinginan adalah hasrat untuk memiliki suatu barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Sewaktu berbelanja, usahakan untuk memenuhi kebutuhan lebih dulu. Setelah kebutuhan terpenuhi, barulah penuhi keinginan.

Manfaatkan Promo
Promo belanja yang menggiurkan ada di mana-mana. Promo biasanya ditawarkan menjelang akhir pekan atau hari-hari besar. Ketika berbelanja, jangan enggan untuk memanfaatkan promo ini ya karena harga yang dibayarkan pasti jauh lebih murah.

Manfaatkan Kartu Kredit
Ada banyak jenis promo yang ditawarkan pusat perbelanjaan. Ada promo beli satu gratis satu. ... Baca halaman selanjutnya