Buah Kelapa dengan Berbagai Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

"Studi pada tikus menunjukkan kandungan monolaurin pada kelapa bisa memberikan beberapa perlindungan terhadap bakteri Staphylococcus aureus"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kelapa adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, semua yang ada pada tanaman kelapa dapat dimanfaatkan seperti daunnya menjadi lidi, tempurungnya untuk bara hingga dinikmati airnya, buah, dagingnya, atau santannya yang mana bisa menjadi minyak.

Berikut ini manfaat dari buah kelapa yang harus Anda ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan
Tak seperti minyak nabati biasa, minyak MCT larut dalam air dan pada awalnya dirancang untuk digunakan dalam makanan tabung atau untuk orang-orang yang kekurangan gizi karena mereka kekurangan enzim normal yang memecah lemak.

2. Kurangi risiko penyakit jantung
Studi yang cermat menunjukkan, efek keseluruhan minyak kelapa dapat menurunkan tingkat\ kolesterol LDL (yang meningkatkan risiko penyakit jantung) lebih besar dibandingkan dengan jagung, safflower atau campuran minyak kedelai dan wijen.

 

3. Membunuh bakteri dan virus
Studi pada tikus menunjukkan kandungan monolaurin pada kelapa bisa memberikan beberapa perlindungan terhadap bakteri Staphylococcus aureus (yang bertanggung jawab atas beberapa infeksi bakteri), namun para peneliti yang melakukan studi ini tidak menemukan efek baik pada minyak kelapa murni atau virgin coconut oil.

Sebaliknya, bentuk monolaurin olahan (gliserol monolaurat) ditemukan dalam minyak kelapa dan sangat populer untuk khasiat pengemulsi dan pelembab-nya pada kosmetik, deterjen dan sabun.

Sifat minyak kelapa ini bisa menunjang manfaatnya sebagai pelembab wajah atau penghapus make-up.

4. Mengatasi Masalah rambut
Beberapa makalah yang diterbitkan dalam ‘Journal of Cosmetic Science’ mengklaim bahwa minyak kelapa yang diaplikasikan pada rambut lebih baik dalam menembus batang rambut daripada minyak mineral.

5. Memutihkan gigi
Klaim ini merupakan ... Baca halaman selanjutnya