Riasan Perlu Dibersihkan Secara Tuntas, Ini Cara Lengkapnya

" Proses pertama akan mengangkat sisa make-up, sedangkan proses kedua akan membersihkan kulit lebih dalam. "
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh sisa make-up bisa memicu munculnya jerawat. Sehingga Anda harus betul-betul memperhatikan cara membersihkan wajah dengan benar dan menyeluruh. Berikut ini langkah-langkah praktis untuk membersihkan wajah secara menyeluruh yang dilansir Cosmopolitan.

1. Tisu basah
Kandungan tisu basah yang menyegarkan kulit mampu mengendurkan permukaan kulit yang menegang seharian. Selain itu, bahan dasar air yang ada dalam tisu basah akan mampu mengangkat lapisan make-up yang sudah Anda pakai seharian.

2. Cuci wajah dua kali
dr. Muray, seorang konsultan kulit langganan selebriti Hollywood selalu menekankan pada kliennya untuk mencuci wajah dua kali menggunakan sabun wajah yang memiliki komposisi lembut. Proses pertama akan mengangkat sisa make-up, sedangkan proses kedua akan membersihkan kulit lebih dalam. Dengan begini, pori-pori Anda akan bebas dari sisa riasan yang tersumbat.

3. Gunakan scrub
Scrub akan membantu Anda merontokkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat wajah Anda kusam. Gosok-gosokkan scrub pada wajah selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Pilih varian yang cocok dengan kulit Anda, ya.

4. Gunakan masker
Masker sangat berguna untuk memberi nutrisi tambahan bagi kulit supaya proses regenerasi bisa terjadi lebih cepat. Gunakan pada malam hari seminggu sekali, terutama pada area yang rawan komedo seperti hidung, lipatan dagu di bawah bibir, dan dahi.

5. Manfaatkan air hangat untuk membersihkan masker
Untuk membersihkan masker, basahi kain handuk yang lembut dengan air hangat lalu usapkan ke wajah. Dengan langkah ini, Anda bukan hanya membersihkan sisa masker tetapi juga membuka pori-pori untuk menerima nutrisi dari masker yang Anda gunakan. Setelah itu, basahi handuk tadi dengan air dingin yang ditambah es batu, lalu usapkan pada wajah.