Wanita Hamil Diminta Jaga Kebersihan Gigi dan Gusi, Kenapa?

"Terjadi penurunan sebanyak 34 persen risiko kelahiran prematur bagi ibu hamil yang menderita penyakit gusi namun rajin melakukan perawatan"
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Peneliti menyarankan wanita hamil untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi karena dinilai dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Dilansir dari Dailymail, meskipun hubungan antara penyakit gusi dan kelahiran prematur masih belum jelas, namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa meningkatkan kesehatan mulut dapat mengurangi risiko tersebut. Diketahui, infeksi gusi parah dapat menyebabkan peningkatan produksi prostaglandin dan faktor tumor nekrosis, bahan kimir yang menginduksi persalinan untuk segera dilakukan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology, menemukan terjadi penurunan sebanyak 34 persen risiko kelahiran prematur bagi ibu hamil yang menderita penyakit gusi namun rajin melakukan perawatan sederhana ke dokter gigi atau ahli kesehatan.

"Tulisan ini menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan mulut selama kehamilan sangat penting. Meskipun tidak masuk akal untuk mengharapkan semua orang memiliki kesehatan mulut yang sempurna, semua wanita hamil tidak boleh mengabaikan mutunya, terutama jika ada kemungkinan memiliki dampat pada bayi yang belum lahir," kata Kepala Eksektuif Yayasan Kesehatan Gigi Inggris, Dr Nigel Carter.

Kelahiran prematur didefinisikan sebagai bayi yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan.