Otak Cepat Menyusut Karena 7 Faktor Ini, Salah Satunya Gadget

"Merokok dapat merusak beberapa jaringan otak dan mempercepat penyusutan pada kecepatan yang mengkhawatirkan."
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Satu fakta yang tak terbantahkan adalah bahwa otak terus menyusut seiring bertambahnya usia. Hal ini dikenal sebagai atrofi otak. Dampaknya pada hubungan antar saraf di otak.

Usia bisa menurunkan kecerdasan otak, itu sudah pasti. Tapi bagaimana jika kebiasaan dan gaya hidup Anda sekarang bisa mempercepat kerusakan pada otak? Ya, beberapa kebiasaan ini dapat mempercepat penyusutan otak dilansir Boldsky:

Fakta 1
Cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget, pertama kali akan merusak retina mata dan pada akhirnya akan mempengaruhi hormon di otak. Ketika Anda terus bermain gadget sebelum tidur, Anda sebenarnya membuat otak menjadi bingung karena membiarkannya tetap aktif. Dalam jangka panjang, gadget dapat merusak otak Anda.

Fakta 2
Semua obat-obatan (termasuk obat dokter maupun obat penenang) ternyata bisa merusak otak. Secara pasti, obat resep tak diragukan lagi kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit. Anda pun tak bisa menghindarinya. Akan tetapi, obat penenang tidaklah penting. Jauhilah! Karena obat tersebut dapat merusak otak dengan cepat. Kehilangan memori, fungsi otak terganggu, frustrasi depresi dan kecemasan merupakan efek samping langsung yang disebabkan oleh obat-obatan. Dalam jangka panjang, penyusutan otak tentunya akan terjadi.

Fakta 3
Kortisol adalah sebuah hormon stres yang menjadi musuh untuk kesehatan otak. Stres yang anda dapatkan dari tempat kerja atau lainnya merupakan faktor yang lambat laun akan merusak otak sehingga mempercepat penyusutannya. Carilah cara sebaik mungkin agar terhindar dari stres.

Fakta 4
Dalam jangka panjang, dehidrasi juga juga bisa menyebabkan penyusutan otak. Karena dehidrasi mempengaruhi aliran darah ke otak. Sel yang ada di otak sebagian besarnya adalah air dan oleh karena itulah, Anda harus tetap minum air secara teratur.

Fakta 5
Sama seperti jaringan lain dari tubuh Anda, bahkan ... Baca halaman selanjutnya