Gaya Hidup Tidak Sehat Beresiko Sebabkan Penyakit Jantung dan Stroke

"banyak orang yang tidak menyadari bahwa gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan pembuluh darah perlahan menyempit atau tersumbat (Aterosklerosis), sehingga menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Peneliti dari American Heart Association mengungkapkan, dengan mempertahankan gaya hidup sehat adalah kunci untuk mencegah penurunan daya berfikir pada otak manusia. Hati dan otak membutuhkan aliran darah yang harus selalu dicukupi, namun banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut.

Nah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan pembuluh darah perlahan menyempit atau tersumbat (Aterosklerosis), sehingga menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

Banyak faktor terjadinya aterosklerosis, namun dapat diatasi dengan konsumsi makanan yang menyehatkan, mencukupi aktivitas pada fisik, menghindari produk tembakau dan langkah lainnya. "Penelitian kami juga mengungkapkan bahwa aterosklerosis merupakan penyebab utama penurunan daya pikir otak, hingga munculnya penyakit Alzheimer," kata seorang ahli kesehatan dari Mercy Health Hauenstein Neuroscience Centre di AS, Philip Gorelick.

"Dengan mengikuti tujuh langkah sederhana yang disebut Life's Simple 7, tidak hanya akan membuat Anda dapat mencegah serangan jantung dan stroke, Anda juga dapat mencegah penurunan daya otak karenanya," kata Gorelick.

Simple Life 7, diuraikan para ahli sebagai beberapa faktor penjaga kesehatan yang ditemukan oleh American Heart Association guna menjaga kesehatan kardiovaskular. Program Simple Life 7 ini dilakukan dengan cara pengendalian tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah agar tetap aktif, konsumsi makanan sehat, penurunan berat badan serta tidak merokok.

Ia juga menjelaskan, otak yang sehat didefinisikan sebagai salah satu organ tubuh yang dapat memberi perhatian, menerima dan mengenali informasi dari indra kita. Selain itu juga untuk belajar dan mengingat, menyampaikan, memecahkan masalah dan membuat keputusan, mendukung mobilitas dan mengatur emosi.

Kerusakan daya berpikir pada otak dapat mempengaruhi salah satu kerja tubuh atau ... Baca halaman selanjutnya