Kamu Takut Kadar Kolesterol Tinggi? Sering-sering Konsumsi Makanan Ini

"Studi telah menemukan bahwa makan tahu dan produk kedelai lainnya yang dimoderasi mampu mengurangi kolesterol LDL."
Tahu. (Net.)

KLIKPOSITIF - Kolesterol memang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Namun, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami peningkatan, maka hal ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Ada 3 jenis makanan yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, dilansir dari Prevention:

1. Ekstrak bawang

Sebuah studi baru-baru ini yang dipresentasikan dalam Endocrine Society menemukan, ekstrak bawang mampu menurunkan kolesterol total pada tikus yang mengalami diabetes. Sejumlah penelitian lain dalam beberapa tahun terakhir juga menemukan bawang efektif dalam mengurangi LDL kolesterol (kolesterol buruk) dan gula darah.

2. Beras merah

Beras fermentasi ini mengandung senyawa yang disebut monacolin K, senyawa yang sama ditemukan dalam statin disebut lovastatin. Seperti obat, monacolin mampu memblok hati dari menciptakan kolesterol untuk melindungi sel-sel Anda. Penelitian telah menunjukkan beras merah bisa mengurangi kolesterol LDL sebesar 10 persen hingga 30 persen.

3. Tahu

Studi telah menemukan bahwa makan tahu dan produk kedelai lainnya yang dimoderasi mampu mengurangi kolesterol LDL. Makan sekitar 10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai sehari, bisa mengurangi kolesterol jahat hingga 5-6 persen. Tahu juga mengandung pitosterol dan merupakan protein rendah kolesterol. Sehingga mengganti daging dengan tahu, setidaknya satu malam seminggu bisa memotong jumlah kolesterol.