Hindari Resiko Kanker Usus Besar dengar Cara Ini

"Temuan ini menunjukkan bahwa dengan konsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari, seperti beras merah atau roti gandum terbukti dapat menurunkan risiko kanker usus sebanyak 17 persen."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menurut penelitian dari American Institute for Cancer Research dan World Cancer Research Fund International mengungkapkan, untuk mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar, yakni dengan mengonsumsi biji-bijian dan melakukan olahraga secara rutin.

Sementara itu, peneliti mengatakan bahwa orang juga harus membatasi konsumsi makanan dengan olahan daging dan alkohol agar turunnya resiko untuk mengidap kanker usus besar.

Temuan ini menunjukkan bahwa dengan konsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari, seperti beras merah atau roti gandum terbukti dapat menurunkan risiko kanker usus sebanyak 17 persen.

"Penurunan resiko yang lebih rendah terhadap kanker usus besar terjadi jika seseorang memiliki berat badan yang seimbang, aktivitas fisik dan diet yang sehat, serta tidak rokok hingga asupan alkohol yang tinggi" ujar seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, Giovannucci.

Penelitian itu dilakukan pada 29 juta peserta yang berusia dewasa, yang mana di antaranya 25.000 peserta menderita kanker usus besar. Berdasarkan penelitian mereka, tim menyarankan agar tiap peserta membatasi banyaknya konsumsi daging olahan, dengan jumlah tidak lebih dari 500 gram seminggu.

Mereka juga diminta untuk konsumsi biji-bijian dan melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Hasilnya, terjadi penurunan resiko yang disebabkan konsumsi biji-bijian yang memberikan perlidungan berlebih pada tubuh dari serangan kanker usus besar.

Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas serta konsumsi alkohol hingga tiga gelas minuman beralkohol dalam sehari dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus besar pada peserta yang sebelumnya tidak memiliki penyakit kanker usus besar.

Sumber: www.Boldsky.com