Penyakit Ini Dapat Sebabkan Kematian Mendadak

"Penyakit ini kebanyakan tidak diketahui karena tidak menunjukkan gejala"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kematian mendadak sebenarnya disebabkan oleh berbagai penyakit. Rata-rata berkaitan dengan gangguan jantung. 

Kardiomiopati Hipertropik
Kardiomiopati atau lemah jantung merupakan penyakit yang berhubungan dengan otot jantung. Kardiomiopati menyebabkan detak jantung menjadi lemah dan tidak beraturan, sehingga mengakibatkan gagal jantung.

Gangguan ini menjadi penyebab kematian paling umum pada laki-laki usia 30-an. Rata-rata mereka tidak sadar bahwa mereka menderita gangguan ini. Kardiomiopati hipertropik kebanyakan karena genetik. Artinya, jika ada anggota keluarga memiliki gangguan ini, Anda diimbau untuk waspada, terutama, jika sering merasakan napas pendek, dan jantung berdebar.

Faulty Heart Wiring
Gangguan ini memengaruhi sistem listrik yang mengontrol dan menyinkronisasi irama jantung. Umumnya, gangguan ini tidak diketahui karena tidak memperlihatkan tanda-tanda sampai ventrikel terasa bergetar.
Genetika berkontribusi atas gangguan ini. Hindari rokok dan alkohol yang bisa menyebabkan irama jantung menjadi abnormal.

Aneurisma Otak
Penyakit ini kebanyakan tidak diketahui karena tidak menunjukkan gejala. Sepertiga penderita aneurisma mengalami pecahnya tonjolan tersebut, dimana 40 persen diantaranya meninggal dunia.

Jangan abaikan sakit kepala parah yang disertai rasa tertekan pada bagian mata, penglihatan ganda, dan pupil melebar. Kemungkinan, hal tersebut terjadi karena aneurisma sedang menekan bagian otak. Tingkatkan pula kewaspadaan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Deteksi dini sangatlah penting. Aneurisma bisa ditangani dengan operasi dan perawatan lainnya, dengan syarat kondisinya belum pecah.

Diseksi Aorta
Diseksi aorta merupakan keadaan berbahaya di mana terjadi pendarahan pada dinding aorta sehingga mengakibatkan pemisahan. Aorta merupakan pembuluh terbesar utama ... Baca halaman selanjutnya