Jaga Kestabilan Kadar Kolesterol Anda dengan Kebiasaan Ini

"Olahraga adalah pengobatan terbaik bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai. Namun kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah yang dapat mempersempit pembuluh darah dan memblokir darah ke jantung jika kadarnya berlebihan. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tips berikut, dilansir dari Health Me Up:

1. Berhenti Merokok
Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri semakin rusak. Zat karsinogen dan karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok menyebabkan arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk.

2. Banyak Berolahraga
Olahraga adalah pengobatan terbaik bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40 sampai 60 menit per hari akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Untuk mengurangi kolesterol, yang terpenting adalah menjaga asupan makanan Anda. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Anda juga perlu mengurangi konsumsi daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh produk susu dan makanan yang digoreng. Hal ini karena lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat).

4. Turunkan Berat Badan
Berusahalah menurunkan berat badan jika Anda obesitas atau kelebihan bobot tubuh. Mulailah olahraga setiap hari. Untuk memulainya, lakukan kegiatan ringan seperti berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda dan berolahraga karena akan membantu meningkatkan kolesterol baik sekaligus ... Baca halaman selanjutnya