Anda Ingin Diet Tapi Susah Mengendalikan Rasa Lapar? Ini Cara Mengatasinya

"Mengkonsumsi sekitar 30 gm buah berry membuat Anda kenyang dalam waktu lama"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Rasa lapar bisa didefinisikan sebagai kontraksi perut. Bila seseorang merasa lapar, sekresi asam diproduksi di perut, yang menyebabkan rasa lapar. Ketika seseorang mengalami rasa lapar terus-menerus, itu bisa menyebabkan kelebihan asupan makanan, sehingga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Nah, kita tahu bahwa diet seimbang sangat penting jika kita ingin mencegah penyakit dan tetap sehat untuk jangka waktu yang lebih lama. Diet seimbang tidak hanya melibatkan konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, serat, dan sebagainya, tapi juga berarti konsumsi makanan dalam jumlah seimbang. Artinya, seseorang tidak boleh mengkonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan agar tetap aktif dan sehat. 

Dilansir dari laman Boldsky, berikut adalah daftar makanan yang bisa membantu mengatasi rasa lapar Anda; Lihatlah.

1. Wortel: Wortel kaya akan serat dan karotenoid, jadi saat dikonsumsi sebagai camilan di sela waktu makan, kandungan seratnya bisa mengurangi produksi asam dalam perut dan menahan rasa lapar.

2. Raspberry: Mengkonsumsi sekitar 30 gm buah berry membuat Anda kenyang dalam waktu lama, karena raspberry juga kaya akan serat dan macronutrients.

3. Oatmeal bisa menjadi makanan sempurna yang membuat Anda kenyang dan berenergi sepanjang hari. Saat dikonsumsi di pagi hari karena kaya akan karbohidrat dan antioksidan yang sehat.

4. Paprika, kaya akan kandungan air dan antioksidan, sehingga menambahkannya ke salad dapat membantu mengurangi rasa lapar selama beberapa lama dan mencegah penurunan berat badan. 

5. Kacang Hijau Kacang hijau kaya serat dan protein, keduanya bekerja sama untuk mengurangi produksi asam di perut untuk menjaga rasa lapar di teluk.