Ini yang Terjadi Jika Langsung Minum Teh Setelah Makan Nasi

"Bahaya lainnya, pada seorang ibu yang menyusui jika mengkonsumsi teh terlalu banyak akan membuat terhambatnya produksi kelenjar ASI."
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Teh merupakan minuman yang sangat disukai masyarakat di Indonesia. Kebanyakan orang minum teh saat pagi atau sore hari dan tak jarang masyarakat Indonesia memiliki kebiaasaan minum teh saat makan. Bahkan kebanyakan rumah makan / restoran Padang menyediakan teh tawar secara cuma-cuma.

Secara umum teh mengandung Flouride Asam amino L-theanine yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, lalu Antioksidan berupa Polifenol. Selain itu juga ada kandungan Quercetin, kaempfrol, dan myricetin (mencegah pengapuran pembuluh darah)  dan kafein sebanyak s40 mg percangkir.

Teh mengandung antioksidan yang tinggi, semua jenis teh mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang sangat berkhasiat. Flavonoids secara khusus diketahui dapat membersihkan tubuh dari berbagai zat radikal bebas di dalam tubuh, baik untuk sistem kardiovaskular, dan mampu mencegah kanker serta banyak penyakit lainnya. Selain itu, flavonoids juga sangat baik untuk memperlambat efek penuaan.

Antioksidan dalam teh dapat menurunkan kolestrol  dengan mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Konsentrasi besar polifenol dalam teh dipercaya dapat membantu menghentikan penyerapan kolesterol LDL dan tidak mempengaruhi kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

Namun, meskipun  banyak manfaat kesehatan dari minum teh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi teh sebelum makan atau pada saat makan karena kandungan kafein, fluorin, dan tannin pada teh diketahui menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari makanan.

Zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jika kondisi ini terus berlangsung maka bukan tidak mungkin penderita akan mengalami anemia. Maka waktu minum teh yang dianjurkan adalah minimal 2 jam setelah makan, dengan asumsi bahwa dalam waktu 2 jam tersebut ... Baca halaman selanjutnya