Alpukat Ideal Sebagai MPASI Pertama Bayi, Ini Alasannya

"Alpukat juga mengandung lebih tinggi nutrisi seperti folat, vitamin E dan lutein bila dibandingkan dengan porsi buah komplementer"
Alpukat. (Net.)

KLIKPOSITIF - Alpukat adalah makanan yang memiliki rasa netral, lembut dan padat nutrisi, dan dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Peneliti mangatakan bahwa buah itu dapat digunakan sebagai makanan pendamping ASI.

Makanan pertama yang cocok untuk bayi harus memiliki rasa manis dan asin yang rendah hingga sedang untuk menghindari preferensi awal untuk makanan manis. Temuan ini menunjukkan bahwa alpukat adalah makanan yang memenuhi kriteria ini sebagai makanan pendamping dan transisi dan buah ini menyediakan sumber kalori ideal untuk memenuhi energi dan pertumbuhan bayi.

"Sangat penting bahwa bayi mengalami berbagai macam rasa, tekstur, warna dan kombinasi dalam makanan pertama mereka," kata Robert Murray, Profesor di Ohio State University, USA.

Alpukat mengandung kurang dari 1 gram gula per porsi (0,09 g) yang merupakan jumlah pas jika dibandingkan dengan buah segar lainnya. Tekstur lembut dan halus alpukat juga dapat membantu bayi mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan. Bayi harus mengkonsumsi makanan cukup energi yang rendah gula dan kaya beberapa nutrisi, lapor makalah yang diterbitkan dalam jurnal 'nutrisi'.

Alpukat juga mengandung lebih tinggi nutrisi seperti folat, vitamin E dan lutein bila dibandingkan dengan porsi buah komplementer dan makanan transisi yang paling populer yang biasa disajikan. Alpukat juga membantu secara signifikan meningkatkan penyerapan lipid yang larut dalam vitamin dari makanan yang dimakan.