Coba Tips Ini Agar Tak Ribut dengan Istri Saat Kamu Sedang Stres

"Definisikan masalah yang anda alami dengan kata-kata sehingga membuatnya bisa mengerti perasaan anda."
Ilustrasi. (Net.)

KLIKPOSITIF - Salah satu penentu keberhasilan pernikahan adalah seberapa baik Anda dan istri memecahkan masalah yang mendera. Sebagai manusia, Anda pasti pernah berada dalam situasi buruk, merasa stres dan bad mood.

Dalam situasi itu, barangkali secara tidak sadar istri anda sering menjadi korban. Lantas bagaimana caranya berbicara dan menghadapi istri agar anda tidak memancing masalah yang lebih besar? Simak tips berikut, dilansir Boldsky:

Spesifik
Jangan berharap istri bisa selalu membaca pikiran Anda. Definisikan masalah yang anda alami dengan kata-kata sehingga membuatnya bisa mengerti perasaan anda.

Sedikit Bicara
Ketika stres, Anda mungkin berakhir mengatakan hal-hal negatif jika Anda banyak bicara. Jadi gunakan mulut Anda hanya untuk membicarakan masalah yang anda hadapi.

Jangan saling menyalahkan
Hindari saling menyalahkan. Tujuan Anda adalah untuk membicarakan masalah, bukan menyalahkan siapa pun.

Dengarkan
Jika dia mengkritik anda, dengarkan dengan seksama dan penuh perhatian. Kontrol marah dan emosi. Dia adalah istri Anda dan tentu dia telah melihat sisi buruk Anda. Jadi, wajar jika dia mengkritik. Jika Anda melawan balik, perang tidak akan pernah berakhir.

Sabar
Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang sabar dan diam saat beradu argumen adalah pemenang karena orang yang kehilangan marah akhirnya akan meminta maaf kepada dia yang bersabar. Jadi, bersabarlah. Dia mungkin akan meminta maaf dan memeluk anda.

Perhatikan kata-kata
Tujuan berbicara adalah berkomunikasi. Jadi, pikirkan apa yang akan anda katakan atau diamlah. Setelah tingkat stres Anda turun, dunia akan terlihat lebih indah.