Tips Menjernihkan Pikiran dari Kenangan Buruk

"Salah satu strategi adalah menjernihkan pikiran dan sengaja mencoba untuk tidak memikirkan apa-apa. "
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF -Entah itu situasi yang memalukan di tempat kerja atau suatu kejadian yang buruk, setiap orang pasti memiliki kenangan yang ingin mereka lupakan.

Dalam suatu penelitian, peneliti menemukan bahwa mencoba untuk membuang jauh-jauh pikiran-pikiran Anda tentang aspek latar belakang yang berhubungan dengan kenangan tersebut adalah kunci untuk melupakan sesuatu. Aspek-aspek latar belakang dapat mencakup bau dan suara terkait dengan peristiwa-peristiwa yang ingin anda lupakan.

Misalnya, jika Anda ingin melupakan rincian percakapan, "Anda bisa mendorong keluar dari pikiran Anda lagu yang diputar di latar belakang, atau pikiran yang berhubungan dengan adegan terjadi di luar jendela atau sesuatu seperti itu," kata co-penulis studi Jeremy Manning, seorang asisten profesor ilmu psikologi dan otak di Dartmouth College di New Hampshire.

Meskipun peneliti tidak meneliti rincian strategi orang dalam studi, peneliti sebelumnya menyarankan dua strategi utama yang mungkin bisa membantu dalam proses ini.

Salah satu strategi adalah menjernihkan pikiran dan sengaja mencoba untuk tidak memikirkan apa-apa. Cara lainnya adalah mencoba mengisi pikiran dengan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang ingin dilupakan.

"Jika Anda tidak ingin memikirkan warna biru, Anda memikirkan warna hijau atau merah," kata Manning kepada Live Science. 
"Atau kalau anda tidak ingin memikirkan satu lagu, coba untuk mengalihkan perhatian dengan lagu lain."