Pilih Roti Tawar Atau Roti Gandum? Berikut Penjelasannya

"Sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi adalah roti"
Roti tawar dan roti gandum. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Meskipun nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia, namun banyak masyarakat yang mengurangi makan nasi dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya. Sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi adalah roti.

Jenis roti yang tersedia di pasaran pun bermacam-macam, roti tawar dan roti gandum mendominasi dan kerap dipilih sebagai asupan karbohidrat sehari-hari. Antara kedua roti ini, sekilas terkesan sama saja, namun sebenarnya memiliki perbedaan dalam cara pengolahan dan bahan yang digunakan.

Karena itu, kandungan serta manfaatnya pun jadi berbeda. Katanya, roti gandum jauh lebih sehat dan lebih aman, khususnya mereka yang sedang diet. Oleh karena itu, sebaiknya variasikan sumber makanan yang dikonsumsi. Semakin variatif menu makananmu, maka semakin banyak zat gizi yang kamu dapatkan.

Berikut penjelasannya:

1. Roti tawar terbuat dari bahan tepung terigu olahan, sedang roti gandum dibuat dari tepung gandum berserat tinggi
Roti tawar merupakan jenis roti yang paling umum dikenal. Roti ini terbuat dari tepung terigu yang bagian kulit luar dan serat dari serealianya telah dibuang, sebagai bagian dari proses penggilingan tepungnya. Inilah penyebab warna roti tawar yang cenderung putih terang.

Berbeda dengan roti tawar, roti gandum merupakan jenis roti yang dibuat menggunakan bahan tepung berserat tinggi, seperti tepung rye atau gandum utuh. Roti jenis ini memang berwarna kecokelatan yang didapat secara alami dari bagian berserat dari serealia yang sengaja nggak dibuang serta digunakan dalam tepungnya.

2. Proses pembuatannya pun berbeda, termasuk dari bahan tambahan yang disertakan
Warna putih roti tawar umumnya didapat dari proses penggilingan yang cukup lama, hasilnya pun akan lebih tahan lama karena minyak alaminya juga dipisahkan. Selain itu ditambahkan bahan-bahan kimia seperti benzyl peroxide, ... Baca halaman selanjutnya